Memikat Burung Walet

Memikat burung walet untuk masuk ke rumah walet, merupakan upaya untuk mendatangkan walet agar masuk ke dalam rumah walet. Beberapa mitos berkembang di masyarakat mengenai berbagai teknik untuk mendatangkan walet masuk ke dalam rumah walet. Salah satu mitos yang cukup terkenal untuk mendatangkan burung walet adalah dengan menggunakan bambu pethuk. Namun khasiat dari bamboo pethuk secara mistis masih diperdebatkan oleh banyak pemain walet. Sebagian besar malah menjadi korban penipuan dari paranormal yang tidak bertanggungjawab.

Teknik Memikat

Untuk membuat walet masuk ke dalam rumah walet diperlukan beberapa teknik untuk memikat burung walet agar masuk ke dalam rumah walet yakni dengan menggunakan aroma, suara maupun menggunakan pakan alami. Pada artikel kali ini akan dibahas peran pakan alami untuk memikat walet masuk ke dalam rumah walet. Pakan alami adalah makanan walet yang dapat dikembangkan secara alami baik di dalam rumah walet maupun di dalam gedung walet.

Pakan alami ini berfungsi sebagai umpan dan makanan burung walet. Makanan alami burung walet yang di maksud  adalah serangga-serangga kecil baik yang hidup di darat maupun yang bertebangan.

Berikut ini beberapa cara untuk memikat burung walet dengan pakan alami

  1. Menggunakan Pakan Serangga
  2. Perlakuan di dalam gedung

Cara yang umum digunakan adalah dengan menimbun gabah, bekatul, jagung, padi, kedelai, kacang hijau, atau ubi kayu yang dikeringkan (gaplek). Dalam kurun waktu dua bulan, bahan-bahan tersebut akan mengeluarkan serangga terbang.

  1. Serangga di luar gedung

Menyediakan pakan di luar gedung dapat di lakukan dengan beberapa cara, seperti menanam pohon penghasil serangga di sekitar rumah sarang walet seperti pohon mangga, jambu, belimbing dan akasia. Menumpuk jerami basah dan menimbun  sampah organik yang di campuri dengan kotoran ternak

  1. Menggunakan Air

Ketersediaan sumber air secara tidak langsung bisa di jadikan alternatif cara untuk memancing walet. Kolam air sebaiknya dibangun di sekitar roving area, dan diisi dengan air yang berasal dari sawah atau rawa agar larva serangga akustik seperti nyamuk bisa berkembang biak di dalamnya. Selain itu, kolam dapat diberi tanaman air. Dengan cara ini di harapkan kolam juga bisa menyediakan pakan alami bagi walet.

Banyak hal teknis yang bisa dilakukan untuk memikat burung walet, selain dengan teknik pakan, juga bisa menggunakan suara tiruan (Klik di sini, untuk melihat artikel), atau menggunakan aroma seperti aroma kotoran walet, telur bebek dll.